Kamis, 22 Januari 2015

Cara Mudah Lokalisir Gangguan SPEEDY

Bagaimana jika SPEEDY anda tiba-tiba tidak bisa browsing? ......

Padahal kita sedang sangat butuh akses internet?..........
Jengkel bukan?....
Bete bukan?........
Sedih bukan?......

Ini saya berikan tips nya bagaimana untuk melokalisir gangguan Speedy.
Perhatikan contoh modem berikut ini (ini merk ZTE dengan fasititas Wifi).

Setiap modem Speedy memiliki lampu-lampu indikator (berupa LED). Minimal ada 4 antara lain : Power, DSL/Link/ADSL, LAN/Ethernet, Internet/Data, USB, WLAN/Wifi/Wireless.
Jika Modem tersebut dicolokkan ke adaptor , maka arti dari masing masing lampu Led nya adalah sebagai berikut : 

  • POWER : Nyala, artinya normal (ada catuan listrik). Mati berarti modem rusak
  • DSL/Link : Nyala stabil berarti saluran ke sentral Telkom normal. Jika Nyala kedip kedip, berarti saluran telepon dari modem tidak nyambung(putus) ke arah Telkom.
  • LAN/Ethernet : Nyala (bisa kedip/stabil) berarti ada PC/Laptop yg terhubung ke Modem. Jika mati, berarti tidak ada PC/Laptop yg tersambung ke modem.
  • Internet/Data : Nyala (bisa kedip/stabil) berarti modem sudah terkoneksi ke BRAS artinya sudah siap browsing. Jika Nyala warna Merah berarti ada kesalahan password atau username, atau isolir karena belum bayar tagihan. Jika tidak nyala, berarti modem belum disetting PPPoE atau jika sudah disetting dengan mode Bridge.
  • WLAN/Wireless : Hidup, berarti setting wifi di modem sudah berhasil, kedip-kedip berarti sudah ada PC/Laptop/Hp client yg melakukan koneksi. Mati jika setting wifi di nonaktifkan.
  • USB : ini khusus untuk modem non wireless, Nyala jika ada PC/Laptop yg terkonek ke modem melalui port USB. Jika mati berarti tidak ada.
Jadi kalau tiba-tiba Speedy anda tidak bisa browsing, maka lakukan langkah-langkah berikut ini : 
  1. Cek status Modem, semua lampu indikator. Utamanya lampu Power, ADSL/Link, LAN/Ethernet &Internet/Data.
    Jika lampu ADSL/Link tidak menyala, cek nada teleponnya, apakah ada atau tidak, jika tidak ada, cek perkabelan dari roset ke filter dan ke modem. Jika semua bagus, maka laporkan ke 147 sebagai gangguan telepon (menu 3)
  2. Cek status LAN di komputer.
    Masuk ke LAN Properties.
    Cek IP LAN melalui propertis LAN,atau pakai command prompt ketik ipconfig
    Test Ping ke IP local modem 192.168.1.1 Jika tidak tembus, maka cek konfigurasi LAN nya, apakah sudah Obtain automatically/DHCP atau statik. Kalau statik, hapus dulu dan kembalikan ke Obtain.
    Lakukan test ping lagi ke IP Modem (192.168.1.1), jika berhasil, lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Test Ping ke IP Speedy (202.134.0.155) atau DNS yang lain, misalnya DNS Nawala. Jika tidak berhasil maka cek status koneksi PPPoE/PPPoA di Modem. Lihat apakah Modem sudah berhasil mendapat IP dari BRAS. Jika belum mendapat IP, maka kemungkinan koneksi belum berhasil. Lakukan koneksi dengan type bridge. Lakukan koneksi, apakah error yang terjadi, apakah 678 atau 692. Jika 692, berarti user name/password salah, jika 678 mungkin portnya yang error atau modul DSLAM nya rusak.
  4. Jika semua diatas normal, coba Cek proxy apakah terpasang atau tidak, terutama laptop yang sering dipakai di tempat kerja, dimana kalau di kantor Laptop yg terhubung LAN, untuk akses internetnya harus memakai Proxy. Kalau terpasang, lepaskan dan kosongkan.
  5. Jika lampu Data/Internet tidak menyala Cek tagihan apakah ada tunggakan atau tidak. Jika masih ada tunggakan , lunasi dulu tunggakannya.
  6. Jika lampu Data/Internet masih warna merah, coba ingat-ingat , apakah sebelumnya anda pernah melakukan RESET Modem (menekan lobang kecil dibelakang modem)? Kalau Ya berarti anda harus melakukan setting ulang modem anda, siapkan username dan password. Atau apakah baru saja mengubah password Speedy melalui portal http://www.telkomspeedy.com/
    Kalau ya, berarti password yg baru saja diubah harus di inject kan di Modem melalui setting modem. Coba cari artikel cara setting modem bagaimana, Coba cari artike di Blog ini folder Nopember 2011 dengan judul Cara Setting Modem Wifi merk ZTE, atau ke http://www.speedybandung.blogspot.com/.
  7. Kalau masih belum bisa browsing Cek di status modem (masuk setting), apakah sudah mendapat alokasi IP dari BRAS. Jika belum, ada kemungkinan gangguan massal. Atau kalau pelanggan dengan fixed IP, ada kemungkinan IP conflict. Coba laporkan ke 147 menu 2 (data& internet). Penanganan gangguan pelanggan personal maksimal 3 hari sejak lapor. Jika lebih dari itu anda berhak SLG yg diperhitungkan di pemotongan abonemen.
  8. Jika test ping ke modem dan DNS tembus, namun belum bisa browsing, lakukan setting DNS manual ke IP setting, misalkan dengan DNS Nawala.
    Trik untuk netbook dan windows nya Seven atau Vista, sebelum komputer dihidupkan, hidupkan terlebih dulu modem speedy sampai semua lampu nyala normal, Netbook dihidupkan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar