Senin, 17 November 2014

Cara Kalibrasi Baterai Laptop di Windows 7

Cara Kalibrasi Baterai Laptop di Windows 7

Kalibrasi baterai berfungsi untuk mengembalikan setting baterai agar memunculkan level yang benar sesuai dengan kondisi asli baterai yang ada, dimana setelah melakukan Kalibrasi Baterai pada Notebook atau Laptop diharapkan level baterai yang muncul akan lebih tepat pada tampilan monitor dengan daya asli yang dimiliki sebuah baterai. Atau untuk menjaga ke akuratan daya baterai.
 
Berikut ini adalah cara kalibrasi baterai laptop pada system operasi Windows 7 :
1. Buka Power Options di Control Panel lalu buat Power Plan Baru.

2. Beri nama kalibrasi pada power plan.


3. Pastikan kamu mematikan opsi untuk Turn Off Display dan Sleep Computer, sehingga power baterai nantinya bakal digunakan secara penuh.


4. Gunakan Power Plan tersebut lalu charge baterai sampai full 100%.

5.  Setelah full 100%, cabut charger dan biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya.
6.  Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Charge baterai hingga penuh lagi 100%.


Nb: Selama proses kalibrasi pastikan kamu tidak menggunakan komputer sama sekali.
Proses kalibrasi baterai telah selesai. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Kini kamu bisa mengembalikan lagi power plan ke pilihan yang semula.

Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar